Bisakah Tetes Mata Menggantikan Kacamata Baca?

Bisakah Tetes Mata Menggantikan Kacamata Baca?

Bisakah Tetes Mata Menggantikan Kacamata Baca? – Lebih dari sepertiga orang Amerika menderita presbiopia, hilangnya penglihatan dekat secara bertahap seiring bertambahnya usia.

Kebanyakan orang meraih kacamata atau lensa kontak khusus, tetapi lensa ini mudah hilang atau tampak membebani.

Sekarang, pengobatan non-bedah yang menjanjikan untuk presbiopia ada di cakrawala: tetes mata topikal.

Bisakah Tetes Mata Menggantikan Kacamata Baca?

Dua jenis obat tetes mata

Presbiopia terjadi ketika lensa bening mata menjadi kaku seiring waktu dan kehilangan fleksibilitas. Hal ini membuat sulit untuk fokus pada kata-kata di halaman atau smartphone.

Dua jenis obat tetes mata — masing-masing dengan mekanisme unik — mengatasi hal ini. Tetes miotik membuat pupil berkontraksi, membatasi informasi yang tidak fokus.

Tetesan pertama yang disetujui FDA untuk presbiopia adalah jenis penurunan miotik. Tetes pelembut lensa membantu mengembalikan fleksibilitas lensa.

Tetes miotik

Tetes miotik mengubah ukuran pupil, dan juga dapat meningkatkan tonus tubuh silia. Dengan menciptakan ‘efek lubang jarum’, jenis penurunan ini memaksimalkan fokus dekat dan jauh.

Ini mengingatkan pada kamera film asli, sebelum penemuan lensa. Allergan merilis pengobatan tetes miotik pertama yang disetujui FDA untuk presbiopia pada tahun 2021.

“Pentingnya persetujuan FDA ini sangat besar karena ada sekitar 2 miliar orang di seluruh dunia dengan presbiopia. Kacamata, lensa kontak, dan pembedahan adalah perawatan tradisional, tetapi, karena berbagai alasan, tidak bekerja dengan baik untuk setiap pasien,” kata Christopher Starr, dokter mata di Weill Cornell Medicine di New York City.

“Memiliki pilihan pengobatan baru dalam bentuk tetes mata presbiopia adalah tambahan yang disambut baik di armamentarium kami terhadap kondisi penglihatan dekat universal yang berkaitan dengan usia yang pada dasarnya mempengaruhi semua orang di atas usia 40 tahun.”

Tetes pelembut lensa

Jenis tetes ini melembutkan lensa mata yang menua. Ketika lensa mendapatkan kembali fleksibilitas, mata dapat lebih fokus pada objek dekat.

Tetes pelembut lensa tidak dapat sepenuhnya memulihkan penglihatan dekat. Tetapi mereka mungkin dapat memutar kembali waktu hingga 10 tahun.

Jenis tetes ini mungkin paling cocok untuk orang tanpa katarak yang berada di tahap awal presbiopia.

Itu termasuk hampir setengah dari orang yang didiagnosis dengan kondisi tersebut. Novartis telah mengembangkan tetes pelembut lensa pertama, dan saat ini sedang dalam uji coba fase 2.

Akankah tetes bekerja sebaik kacamata?

Studi terbaru menunjukkan bahwa tetes miotik mulai bekerja dalam waktu sekitar 30 menit dan berlangsung empat hingga tujuh jam.

Setelah efek korektif hilang, tetes harus diterapkan kembali. Sebaliknya, tetes pelembut lensa dapat terus bekerja selama beberapa tahun.

Orang-orang yang menggunakan kedua jenis obat tetes tersebut telah memperoleh hingga 7 garis penglihatan dekat – sama seperti yang mereka lakukan dengan kacamata baca.

Beberapa orang yang memakai obat tetes mengalami sakit kepala, penglihatan malam terbatas atau kesulitan membedakan suatu objek dari latar belakangnya.

Beberapa pasien mungkin dapat menggunakan kombinasi tetes miotik dan pelembut lensa untuk memaksimalkan penglihatan.

Orang lain mungkin mendapat manfaat lebih dari satu jenis penurunan daripada yang lain. Jika Anda mengalami katarak dini, misalnya, menciptakan efek lubang jarum bisa membuat penglihatan Anda semakin buruk. Itulah mengapa penting untuk memiliki pemeriksaan mata yang komprehensif untuk mengevaluasi kesehatan mata.

Berapa biaya tetesnya?

Kecil kemungkinan bahwa obat tetes mata ini akan ditanggung oleh asuransi. Namun, beberapa pasien – mereka yang membutuhkan lensa bifokal atau multifokal, atau mereka yang lebih menyukai bingkai desainer dengan lonceng dan peluit – mungkin menemukan bahwa obat tetes mata adalah pengobatan presbiopia yang paling murah dari waktu ke waktu.

Bagaimana dengan operasi mata?

Beberapa orang mungkin juga memiliki pilihan untuk memperbaiki presbiopia dengan operasi mata. Pembedahan untuk koreksi presbiopia termasuk implantasi lensa intraokular, inlay kornea dan bedah refraktif laser (LASIK).

Namun, tidak semua orang adalah kandidat untuk prosedur ini. Selain itu, operasi ini dapat menelan biaya ribuan dolar—label harga yang mahal bagi banyak pasien.

Bisakah Tetes Mata Menggantikan Kacamata Baca?

“Tetes mata akan menawarkan pilihan yang bermakna dan hemat biaya bagi banyak orang yang hidup dengan presbiopia.”

“Tetapi penting untuk diingat bahwa tidak ada perawatan satu ukuran untuk semua. Mata setiap orang itu unik — dan kacamata, obat tetes, dan operasi semuanya memiliki pro dan kontra.”

“Pemeriksaan mata yang komprehensif oleh dokter mata akan membantu Anda menemukan pilihan yang terbaik untuk Anda,” saran Luke Rebenitsch, direktur medis dan ahli bedah refraktif di ClearSight Center di Oklahoma City.