Fakta dan Bahaya Tersembunyi dari Ekstensi Bulu Mata

Fakta dan Bahaya Tersembunyi dari Ekstensi Bulu Mata – Orang akan berusaha keras untuk membuat mata mereka terlihat istimewa. Ekstensi bulu mata, yang digunakan secara profesional pada bulu mata alami dengan lem semi permanen, semakin populer. Dokter mata mengatakan perawatan kosmetik ini bisa aman, selama konsumen mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi diri mereka sendiri. Pindah, maskara. Ekstensi bulu mata adalah kemarahan baru. Tetapi apakah mereka sebenarnya, dan apakah mereka aman? Ekstensi adalah serat sintetis yang terlihat seperti bulu mata. Mereka terpaku pada bulu mata alami, satu per satu, bertahan hingga dua bulan dan rontok dengan bulu mata alami Anda.

Fakta dan Bahaya Tersembunyi dari Ekstensi Bulu Mata

Lakukan pencarian web cepat untuk istilah “ekstensi bulu mata” atau “bulu mata palsu,” dan Anda akan menemukan banyak iklan untuk salon lokal dan artikel sulit tentang tren mode. Bahkan keluarga Kardashian juga menjual bulu mata palsu merek mereka sendiri. Apa yang mungkin tidak akan Anda temukan kecuali Anda menggali adalah informasi tentang keamanan ekstensi bulu mata. “Risiko ekstensi bulu mata tidak hanya reaksi alergi terhadap lem [digunakan untuk melampirkan ekstensi], tetapi erosi pada permukaan bagian dalam kelopak mata,” kata Dr. Orly Avitzur, M.D. “Dan itu bisa menyebabkan kerusakan permanen pada bulu matamu.” idnpoker

Apa itu ekstensi bulu mata?

Ada tiga jenis ekstensi bulu mata: sintetis, sutra dan bulu. Mereka datang dalam berbagai ukuran dan bentuk. Ekstensi bulu mata biasanya diterapkan oleh teknisi di salon kecantikan, menggunakan pinset dan lem semi permanen yang diformulasikan khusus. Prosedur ini dapat memakan waktu hingga dua jam, dan mata Anda harus tetap tertutup selama aplikasi. Bulu mata palsu biasanya bertahan tiga hingga empat minggu, rontok saat bulu mata alami Anda rontok.

Apakah Ekstensi Lash dan Lem Aman untuk Mata?

“Untuk menjaga mata tetap aman, bulu mata harus diaplikasikan oleh ahli kecantikan yang berpengalaman dalam lingkungan sanitasi, dengan bahan kimia yang aman untuk kulit Anda,” kata Rebecca J. Taylor, MD, seorang ophthalmologist Nashville dan juru bicara klinis untuk American Academy of Ophthalmology. Prosedurnya memang disertai risiko, yaitu: trauma atau infeksi pada kelopak mata atau kornea; reaksi alergi terhadap lem; dan kehilangan bulu mata permanen atau sementara.

Infeksi dapat berasal dari kebersihan yang tidak memadai di toko atau kerusakan mata selama aplikasi. “Ingat bahwa benda tajam sedang digunakan sangat dekat dengan mata Anda,” kata Dr. Taylor. Bahan dalam lem bisa menyebabkan reaksi alergi. Di masa lalu, beberapa lem ini mengandung alergen formaldehida. Reaksi alergi dapat memicu rasa sakit, gatal, kemerahan dan bengkak. Bahkan mungkin untuk sementara mengganggu penglihatan. Ekstensi dan lem bulu mata saat ini tidak diatur oleh Administrasi Makanan dan Obat A.S. Menggosok, menarik, atau menarik dapat membuat bulu mata Anda patah, dan bahkan menyebabkan kerusakan permanen pada folikel bulu mata. Meskipun jarang, ekstensi juga dapat menyebabkan serat tersangkut di bawah jaringan mata, yang mungkin memerlukan pengangkatan dengan pembedahan.

Bahaya Tersembunyi

Apakah Anda menggunakan versi lem biasa atau ekstensi mewah yang harganya ratusan dolar di salon, risikonya sama. Inilah lima yang perlu Anda ketahui:

  • Iritasi dan kemerahan.
  • Peradangan dan pembengkakan.
  • Infeksi. Ekstensi dapat menjebak kotoran dan bakteri, yang menyebabkan infeksi serius, termasuk mata merah muda.
  • Reaksi alergi. Perekat dalam beberapa perekat bulu mata mengandung formaldehyde, yang dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah dari waktu ke waktu yang dapat menyebabkan keluarnya cairan dan pengerasan kulit. Formaldehyde juga dikenal sebagai karsinogen.
  • Hilangnya bulu mata. Ya, Anda bisa berakhir dengan mata botak! Lem bisa mencabut bulu mata Anda atau Anda bisa mencabutnya sendiri. Iritasi dapat menyebabkan kondisi yang disebut madarosis, yang menyebabkan Anda menariknya. College of Optometrists Inggris juga memperingatkan bahwa Anda bisa berakhir dengan traksi alopecia, “di mana rambut rontok karena ketegangan berlebihan yang ditempatkan pada batang rambut. Akibatnya hal ini dapat merusak folikel rambut yang dapat memperlambat dan bahkan menghentikan produksi rambut”.

Bagaimana dengan pewarna bulu mata, perhiasan bulu mata, dan formula pertumbuhan?

Pewarna bulu mata adalah kecantikan besar, tidak. Saat ini, tidak ada tambahan warna yang disetujui oleh Food and Drug Administration AS untuk pewarnaan atau pewarnaan bulu mata, dan FDA memperingatkan agar tidak melakukannya. Pewarna bisa menyebabkan kebutaan. Hiasan bulu mata, seperti menempelkan manik-manik kaca kecil atau kristal pada bulu mata, atau lebih ekstrim, menempelkan pesona kecil pada kabel yang ditempelkan pada kelopak mata, menimbulkan risiko yang sama seperti ekstensi bulu mata, belum lagi bahaya tambahan. “Tidak perlu seorang ahli untuk melihat masalah datang dengan benda-benda tajam yang ditempatkan dekat dengan mata,” kata Avitzur. Dan Latisse, yang merupakan pengobatan yang disetujui FDA untuk bulu mata tipis, memiliki efek samping potensial, termasuk:

  • Perubahan permanen pada warna mata — mata biru, hijau, atau cokelat kemerahan
  • Kelopak mata gelap secara permanen
  • Pertumbuhan rambut di tempat lain di wajah Anda jika Anda tidak hati-hati
  • Gatal, kemerahan
  • Menurunkan tekanan mata, yang berpotensi menutupi glaukoma atau masalah mata lainnya

Cara menghindari komplikasi ekstensi bulu mata

Cara termudah untuk mencegah risiko infeksi atau iritasi mata adalah dengan hanya menghindari mendapatkan ekstensi bulu mata. Jika Anda ingin bulu mata lebih tebal, lebih penuh, gunakan maskara saja. Tetapi jika Anda memutuskan untuk menggunakan ekstensi bulu mata, buatlah itu sebagai perawatan kecantikan sesekali. Dan ikuti tips ini dari American College of Ophthalmology:

  • Pastikan estetika yang melakukan ekstensi bulu mata Anda memiliki sertifikasi yang valid.
  • Mintalah untuk melihat daftar bahan pada perekat yang digunakan dan periksa alergen potensial seperti formaldehida.
  • Pastikan estetika Anda mempraktikkan kebersihan yang baik, termasuk mencuci tangannya secara menyeluruh dan mengenakan sarung tangan.
  • Terakhir, jika Anda melihat tanda-tanda infeksi, kunjungi dokter mata sesegera mungkin.
Fakta dan Bahaya Tersembunyi dari Ekstensi Bulu Mata

Cara Melakukan Eyelash Extensions dengan Cara yang Benar

Pastikan untuk melihat dengan seksama di toko atau salon, ahli kecantikan dan bahan-bahan produk sebelum melanjutkan dengan ekstensi bulu mata. Berikut beberapa hal yang perlu dicari dan ditanyakan:

  • Apakah salon memiliki reputasi yang baik? Berapa lama mereka dalam bisnis, dan apakah mereka mempraktikkan kebersihan yang baik? Baca ulasan dan lihat foto sebelum dan sesudah dari pelanggan lain.
  • Pelatihan, sertifikasi, dan pengalaman apa yang dimiliki oleh ahli estetika dalam ekstensi bulu mata?
  • Mintalah daftar bahan lem dan periksa alergennya. Konfirmasikan tanggal kedaluwarsa belum berlalu. Mintalah tes spot di bagian dalam pergelangan tangan Anda sebelum lem diterapkan ke mata Anda.

Jika Anda memiliki reaksi alergi terhadap ekstensi, jangan mencoba untuk menghapusnya sendiri, karena ini dapat merusak mata Anda. Jangan mencoba mengobati reaksinya sendiri. Melakukannya secara tidak benar dapat membuat gejala berlangsung lebih lama. Sebagai gantinya, pergi menemui dokter spesialis mata segera.