Gambaran Umum Kesehatan Mata

Gambaran Umum Kesehatan Mata – Mata yang sehat dan penglihatan yang baik penting untuk kualitas hidup Anda. Tetapi meskipun Anda mungkin berpikir Anda melihat yang terbaik dan mata Anda tidak memiliki gejala penyakit yang nyata, mereka mungkin tidak sesehat mungkin. Memiliki ujian mata tahunan adalah cara terbaik untuk melindungi kesehatan mata Anda. Ada juga langkah-langkah lain yang dapat Anda ambil untuk mencegah masalah mata dan penglihatan umum.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Mata

Merawat tidak hanya mata Anda tetapi tubuh Anda secara keseluruhan akan membantu menjaga penglihatan Anda tetap tajam dan mendukung kesehatan mata Anda selama bertahun-tahun. Faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan mata Anda yang dapat Anda pengaruhi adalah:

  • Nutrisi yang tepat: Mata Anda mengandalkan vitamin dan nutrisi untuk melindungi dari penyakit mata yang menyilaukan seperti degenerasi makula terkait usia dan glaukoma.
  • Eksposur: Kerusakan mata dapat terjadi akibat radiasi ultraviolet (UV) dari matahari serta paparan bahan kimia beracun di rumah atau di tempat kerja. idn play
  • Merokok: Asap tembakau meningkatkan risiko beberapa kondisi mata yang dapat menyebabkan kebutaan.
  • Kondisi kesehatan: Tekanan darah tinggi, diabetes, dan masalah lain meningkatkan risiko penyakit mata dan kehilangan penglihatan. Anda mungkin cenderung mengalami kondisi ini, tetapi pilihan gaya hidup yang Anda buat dapat memengaruhi manajemen mereka.
  • Trauma: Ini dapat terjadi secara tak terduga, seperti kecelakaan mobil, atau sebagai akibat dari aktivitas yang membawa risiko seperti itu, seperti bermain olahraga.
  • Infeksi: Mata Anda juga dapat berisiko terkena infeksi karena penanganan lensa kontak yang tidak tepat, paparan air yang terkontaminasi, konjungtivitis virus atau bakteri, atau infeksi setelah trauma.
Gambaran Umum Kesehatan Mata

Meskipun Anda tidak dapat mengubah faktor-faktor ini jika berlaku untuk Anda, mereka layak disadari dan berbicara dengan dokter mata Anda, terutama jika Anda mengalami gejala terkait penglihatan:

  • Riwayat keluarga: Memiliki kerabat dengan riwayat penyakit mata menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk masalah seperti itu.
  • Usia lanjut: Degenerasi makula terkait usia, katarak, glaukoma, rabun, dan mata kering, misalnya, dapat berkembang seiring bertambahnya usia.

Mengapa Anda Membutuhkan Ujian Mata

Menjadwalkan ujian mata tahunan adalah salah satu langkah paling penting yang dapat Anda ambil dalam melindungi mata dan penglihatan Anda. Selain itu, mata memberikan petunjuk tentang kesehatan Anda secara keseluruhan, yang dapat mengarahkan Anda untuk menemukan kekhawatiran yang mungkin tidak Anda miliki (atau setidaknya segera). Berikut adalah tiga alasan utama Anda harus menjadwalkan janji temu:

  • Uji ketajaman visual Anda: Ini perlu diperiksa secara teratur untuk memastikan Anda melihat sebaik mungkin. Sakit kepala yang mengganggu atau kelelahan umum sering disebabkan oleh sedikit atau sedikit koreksi pada resep Anda (atau kurangnya koreksi sepenuhnya) .6
  • Periksa penyakit mata: Banyak penyakit mata serius sering tidak memiliki gejala. Misalnya, katarak sering berkembang secara bertahap sehingga Anda mungkin tidak menyadari bahwa penglihatan Anda telah menurun. Deteksi dini penyakit mata penting untuk menjaga penglihatan sehat.
  • Mengungkap masalah perkembangan: Masalah penglihatan yang tidak terkoreksi pada anak-anak sering menyebabkan kesulitan belajar dan membaca, atau berkontribusi pada masalah medis lainnya seperti disleksia dan ADD. Penglihatan yang tidak terkoreksi pada anak-anak sering kali dapat menyebabkan ambliopia (mata malas) atau strabismus (pergantian mata), yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen jika tidak ditangani sejak awal kehidupan.

Kondisi Mata Umum

Masalah penglihatan yang paling umum dikenal sebagai kesalahan refraktif. Mereka termasuk: Rabun jauh, Rabun jauh, Presbiopia, Astigmatisme. Kesalahan refraktif disebabkan oleh kelainan bentuk mata, yang mencegah cahaya dari fokus langsung pada retina. Penuaan lensa juga dapat menyebabkan kesalahan refraksi. Biasanya, penglihatan Anda akan kabur dan Anda mungkin juga mengalami sakit kepala, ketegangan mata, dan perlu menyipitkan mata. Masalah-masalah ini biasanya diperbaiki dengan kacamata, lensa kontak, atau operasi laser.

Kondisi mata lainnya termasuk:

  • Degenerasi makula terkait usia: Ini dimulai tanpa gejala tetapi dapat dideteksi pada pemeriksaan mata melebar di mana endapan kuning terlihat di bawah retina. Ketika mereka tumbuh, atau pembuluh darah bocor ke mata, Anda kehilangan penglihatan sentral dan mungkin kehilangan pandangan sama sekali.
  • Katarak: Ini adalah pengaburan lensa yang menghasilkan penglihatan kabur, silau, penglihatan malam yang buruk, atau penglihatan warna pudar. Itu dapat diperbaiki dengan operasi.
  • Glaukoma: Glaukoma adalah kerusakan pada saraf optik dari peningkatan tekanan pada mata atau faktor-faktor lain. Awalnya tidak ada gejala (mengapa kadang-kadang disebut “pencuri penglihatan”), tetapi seiring waktu bidang penglihatan menyempit dan Anda bisa kehilangan penglihatan sepenuhnya.
  • Sindrom mata kering: Jika Anda tidak membuat cukup air mata, mata Anda mungkin terasa gatal, kering, berpasir, menyengat, atau terbakar. Anda mungkin memiliki kelopak mata berat dan penglihatan kabur.
  • Konjungtivitis (mata merah muda): Ini adalah peradangan atau infeksi pada selaput transparan yang menutupi bagian putih bola mata dan kelopak mata bagian dalam. Ini bisa menjadi bentuk menular karena bakteri atau virus atau dipicu oleh alergi atau paparan bahan kimia. Gejalanya meliputi kemerahan, gatal, sobek, keluar, dan banyak lagi.
  • Asthenopia (mata lelah): Ini bahkan lebih umum dengan penggunaan smartphone dan perangkat lainnya. Anda mungkin merasakan ketegangan mata, sakit mata, penglihatan kabur, dan gejala lainnya.
  • Retinopati diabetik: Mata Anda bisa rusak oleh diabetes. Tahap awal mungkin tidak memiliki gejala. Dengan perkembangan, Anda mungkin melihat floaters, memiliki penglihatan sentral buram, penglihatan malam yang buruk, atau pendarahan di mata.
  • Pelepasan vitreous posterior: Ini adalah peningkatan tiba-tiba “floaters” atau “sarang laba-laba” karena vitreous terpisah dari retina karena penuaan atau trauma. Ini dapat menyebabkan robekan retina atau detasemen.
  • Ablasi retina: Anda mungkin tiba-tiba melihat bintik-bintik atau cahaya, atau penglihatan Anda menjadi kabur. Kondisi ini darurat dan membutuhkan perawatan segera untuk menghindari kehilangan penglihatan yang parah atau kebutaan.
Gambaran Umum Kesehatan Mata1

Tips untuk Menjaga Kesehatan Mata

Mendapatkan pemeriksaan mata tahunan yang dilebarkan dapat memastikan masalah mata ditangkap sedini mungkin, seringkali sebelum Anda memiliki gejala. Selain itu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kesehatan mata Anda.

  • Nikmati makanan yang kaya akan beragam buah dan sayuran (terutama wortel dan sayuran berdaun gelap). Juga termasuk ikan seperti salmon, tuna, dan halibut, yang tinggi asam lemak omega-3.
  • Kenakan kacamata hitam yang menghalangi sinar UV-A dan UV-B saat berada di luar ruangan.
  • Berhenti merokok atau tidak pernah memulai.
  • Pertahankan berat badan yang sehat atau turunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan.
  • Dapatkan jumlah olahraga harian yang disarankan untuk kesehatan.
  • Gunakan kacamata pelindung untuk olahraga dan aktivitas terkait pekerjaan. Barang-barang ini dirancang untuk mencegah cedera mata dari trauma atau paparan zat beracun.
  • Bersihkan, disinfeksi, dan tangani lensa kontak Anda dengan benar untuk menghindari infeksi. Demikian juga, buang mereka seperti yang direkomendasikan.
  • Bekerja dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mengelola tekanan darah tinggi dan diabetes.
  • Beristirahatlah saat menggunakan layar atau melakukan aktivitas lain yang membutuhkan fokus mata yang berkelanjutan. Ingat 20/20/20: Setiap 20 menit, pandanglah setidaknya 20 kaki di depan Anda selama 20 detik.