Hal Yang Dapat Mempengaruhi Mata Anda Ketika Mengidap Diabetes

Hal Yang Dapat Mempengaruhi Mata Anda Ketika Mengidap Diabetes

Hal Yang Dapat Mempengaruhi Mata Anda Ketika Mengidap Diabetes – Anda harus merencanakan untuk mengunjungi dokter mata secara teratur jika Anda menderita diabetes. Gula darah tinggi dapat menyebabkan masalah seperti penglihatan kabur, katarak, glaukoma, dan retinopati. Faktanya, diabetes adalah penyebab utama kebutaan pada orang dewasa berusia 20 hingga 74 tahun.

Penglihatan kabur

Jangan membeli kacamata baru begitu Anda melihat ada yang terlihat kabur. Bisa jadi itu hanya masalah kecil yang disebabkan oleh gula darah tinggi. Lensa Anda bisa membengkak, yang mengubah kemampuan Anda untuk melihat. idn poker

Untuk memperbaikinya, Anda perlu mengembalikan gula darah ke kisaran target (70-130 miligram per desiliter, atau mg / dL, sebelum makan, dan kurang dari 180 mg / dL 1 hingga 2 jam setelah makan). Mungkin diperlukan waktu selama 3 bulan untuk penglihatan Anda sepenuhnya kembali normal.

Beri tahu dokter mata Anda. Mereka dapat memberi tahu Anda jika ini adalah gejala dari masalah yang lebih serius.

Katarak

Lensa internal alami mata Anda memungkinkan mata Anda melihat dan fokus pada gambar, seperti kamera. Ketika lensa itu keruh, seperti jendela kotor atau kotor, itu berarti katarak telah terbentuk. Siapapun bisa mendapatkannya, tetapi penderita diabetes cenderung mendapatkannya lebih awal, dan keadaannya lebih cepat memburuk.

Saat bagian dari lensa Anda mendung, mata Anda tidak dapat fokus seperti seharusnya. Anda tidak akan melihat juga. Gejala berupa penglihatan kabur dan silau.

Anda membutuhkan operasi untuk mengangkat katarak. Dokter mengganti lensa keruh dengan lensa buatan.

Glaukoma

Orang dengan diabetes lebih mungkin menderita glaukoma, yang bisa datang dalam beberapa bentuk atau tipe.

Tekanan menumpuk di dalam mata Anda saat cairan tidak dapat mengalir seperti seharusnya. Ini dapat merusak saraf dan pembuluh darah, serta menyebabkan perubahan penglihatan.

Pengobatan dapat mengobati glaukoma sudut terbuka, bentuk yang paling umum. Mereka menurunkan tekanan mata, mempercepat drainase, dan mengurangi jumlah cairan yang dihasilkan mata Anda.

Jenis glaukoma ini mungkin tidak menimbulkan gejala apa pun sampai semakin parah dan Anda kehilangan penglihatan yang parah. Dokter Anda dapat mengetahuinya lebih awal, selama pemeriksaan tahunan.

Dengan bentuk penyakit yang kurang umum, Anda mungkin memperhatikan:

– Sakit kepala

– Sakit mata atau nyeri

– Penglihatan kabur

– Mata berair

– Lingkaran cahaya di sekitar lampu

– Kehilangan penglihatan

Penanganan dapat berupa obat-obatan dan obat tetes mata khusus. Operasi dan perawatan laser dapat membantu menurunkan tekanan mata.

Jika Anda menderita diabetes, Anda juga lebih mungkin terkena kondisi langka yang disebut glaukoma neovaskular. Ini membuat pembuluh darah baru tumbuh di iris, bagian mata Anda yang berwarna. Mereka memblokir aliran normal cairan dan meningkatkan tekanan mata.

Pengobatan utama glaukoma neovaskular adalah membalikkan pembentukan pembuluh darah baru. Untuk ini, dokter Anda mungkin menggunakan laser untuk mengurangi jumlah pembuluh darah di bagian belakang mata, atau mereka mungkin menggunakan suntikan anti-VEGF, sambil menggunakan tindakan lain untuk menurunkan tekanan mata dengan cepat.

Retinopati Diabetik

Retina adalah sekelompok sel di bagian belakang mata Anda yang mengambil cahaya. Mereka mengubahnya menjadi gambar yang dikirim saraf optik ke otak Anda.

Kerusakan pembuluh darah kecil di retina menyebabkan retinopati diabetik. Ini terkait dengan kadar gula darah tinggi. Jika Anda tidak menemukan dan mengobatinya lebih awal, Anda bisa menjadi buta. Semakin lama Anda menderita diabetes, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkannya. Jika Anda mengendalikan gula darah, Anda menurunkan peluang.

Orang dengan diabetes tipe 1 jarang mengembangkan kondisi tersebut sebelum pubertas. Pada orang dewasa, jarang terlihat kecuali Anda menderita diabetes tipe 1 setidaknya selama 5 tahun. Jika Anda mengontrol gula darah secara ketat dengan pompa insulin atau beberapa suntikan insulin harian, kemungkinan Anda untuk terkena kondisi ini jauh lebih kecil.

Jika Anda menderita diabetes tipe 2, Anda mungkin memiliki tanda-tanda masalah mata saat didiagnosis. Kontrol gula darah, tekanan darah, dan kolesterol Anda untuk memperlambat atau mencegah penyakit. Jika Anda merokok, cobalah berhenti. Ini akan meningkatkan kesehatan mata dan Anda secara keseluruhan.

Ada jenis lain dari kondisi ini:

Retinopati latar belakang. Pembuluh darah Anda rusak, tetapi Anda masih bisa melihat baik-baik saja. Ini bisa menjadi lebih buruk jika Anda tidak mengelola diabetes dengan baik.

Makulopati. Ini terjadi ketika diabetes mempengaruhi makula. Makula adalah area retina yang memberikan penglihatan terbaik yang diperlukan untuk membaca, mengemudi, dan aktivitas serupa lainnya. Pembengkakan yang terjadi mungkin mudah disembuhkan, atau lebih serius dan sulit diobati.

Retinopati proliferatif. Itu terjadi ketika sel-sel di belakang mata Anda tidak mendapatkan cukup oksigen dan pembuluh darah baru mulai tumbuh. Mereka rapuh, sehingga bisa berdarah dan menyebabkan gumpalan. Ini bisa menyebabkan bekas luka dan menarik retina menjauh dari bagian belakang mata Anda. Jika terlepas, Anda bisa kehilangan penglihatan yang tidak bisa diperbaiki. Terkadang kondisi ini bisa diobati. Pembedahan adalah pilihan, begitu juga prosedur laser yang membakar pembuluh darah. Dapat mencegah kebutaan pada separuh orang dengan retinopati dini.

Perlunya Pemeriksaan Mata

Pemeriksaan tahunan penuh dapat membantu menemukan masalah lebih awal, saat masalah tersebut lebih mudah ditangani. Itu bisa menyelamatkan visi Anda.

Jika Anda mungkin hamil dalam waktu dekat, lakukan pemeriksaan mata untuk menghindari kemungkinan masalah. Pertahankan juga saat Anda hamil.

Kapan Menghubungi Dokter

Gejala ini dapat menandakan keadaan darurat:

– Bintik hitam di penglihatan Anda

– Kilatan cahaya

– “Lubang” dalam visi Anda

– Penglihatan kabur