Kesehatan Mata Pada Bayi Baru Lahir

Kesehatan Mata Pada Bayi Baru Lahir – Meskipun penglihatan tidak jelas selama berbulan-bulan, bayi yang baru lahir mulai menjelajahi dunianya dengan matanya segera setelah lahir. Matanya membuat Anda tampak sempurna, tetapi masalah sering muncul di mata bayi yang baru lahir. Mata kecil dan lembut dari bayi yang baru lahir membutuhkan perawatan yang tepat. Pastikan untuk menjaga mata Anda keluar dari masalah termasuk mata berair, kelopak mata berkerak atau mata juling. Beri tahu dokter anak Anda tentang apa pun yang tampaknya tidak biasa. Berikut adalah tiga kondisi mata umum yang sering terlihat pada bayi baru lahir.

Infeksi Mata Bayi

Ophthalmia neonatorum adalah jenis infeksi mata atau konjungtivitis yang kadang-kadang berkembang pada bayi baru lahir. Pada 1800-an, seorang dokter bernama Carl Crede menemukan bahwa bayi menangkap ophthalmia neonatorum selama persalinan pervaginam. Dia menemukan bahwa infeksi disebabkan oleh gonore, sejenis penyakit menular seksual. Infeksi ini, jika tidak diobati, dapat menyebabkan kebutaan. Jumlah kasus turun segera setelah ia mulai menanamkan nitrat perak ke mata bayi yang baru lahir setelah melahirkan. Berangsur-angsur mata perak nitrat bisa sangat menyakitkan bagi bayi baru lahir dan menyebabkan konjungtivitis toksik. http://idnpoker99.sg-host.com/

Kesehatan Mata Pada Bayi Baru Lahir

Dalam lingkungan medis saat ini, salep mata eritromisin digunakan. Pemberian salep eritromisin nyaman bagi bayi dan efektif dalam mengurangi infeksi gonokokus serta infeksi yang disebabkan oleh klamidia. Chlamydia adalah penyebab ophthalmia neonatorum yang lebih umum saat ini. Jika terdapat infeksi pada ibu, bayi juga dapat dilahirkan melalui operasi caesar (bedah caesar) untuk menghindari penularan infeksi ke bayi.

Namun, banyak orang yang memiliki klamidia atau gonore tidak memiliki gejala luar. Akibatnya, seseorang dapat memiliki infeksi dan tidak mengetahuinya. Beberapa fasilitas medis memberikan penjelasan kepada orang tua baru dan opsi pemberian salep antibiotik ke mata bayi pada saat melahirkan. Namun, di dunia sekarang ini, ada gerakan tertentu yang mencoba merekomendasikan untuk meneruskan hal-hal seperti ini pada bayi yang baru lahir. Selalu ada risiko untuk menimbang ketika mempertimbangkan perawatan medis. Jika Anda memilih untuk tidak melakukan ini, pastikan untuk memantau mata bayi Anda segera setelah lahir untuk kemungkinan infeksi mata.

Saluran Air Mata Diblokir

Bayi baru lahir mulai mengeluarkan air mata pada usia sekitar tiga minggu. Sekitar saat ini, perhatikan produksi atau pengeluaran lendir yang berlebih. Beberapa bayi dilahirkan dengan saluran air mata yang tersumbat. Saluran air mata yang tersumbat menyebabkan air mata terbentuk di mata dan menggulung pipi. Terkadang infeksi bakteri dapat berkembang karena air mata tidak mengalir dengan baik. Saluran air mata yang tersumbat harus dievaluasi oleh dokter anak, karena mereka mungkin memerlukan perawatan jika infeksi berkembang. Namun, sebagian besar saluran air mata yang tersumbat cenderung terbuka sendiri selama tahun pertama kehidupan.

Menggunakan waslap lembut atau bola kapas dan air putih, Anda dapat dengan hati-hati membersihkan mata bayi Anda. Basahi kain atau bola kapas dengan sedikit air hangat. Dengan mata bayi tertutup, usap mata dengan lembut dari dalam ke sudut luar. Gunakan bagian kain yang berbeda atau bola kapas baru untuk setiap mata. Jika infeksi tampak lebih parah atau ada pembengkakan kelopak mata yang signifikan, dokter anak Anda kemungkinan besar akan merujuk Anda ke dokter spesialis mata anak untuk evaluasi. Jika perawatan yang disebutkan di atas tidak berhasil, bayi Anda mungkin perlu evaluasi lebih lanjut.

Leukocoria (Murid Putih)

Kondisi lain yang diwaspadai oleh dokter anak dan dokter mata pada bayi baru lahir adalah murid yang tampak putih. Kadang-kadang bayi dilahirkan dengan katarak kongenital. Katarak adalah kekeruhan atau pengaburan lensa alami mata. Perkembangan katarak yang normal terjadi seiring bertambahnya usia dan tumbuh menjadi dekade ke 6 dan 7 kehidupan kita. Namun, sesekali bayi dilahirkan dengan kekeruhan ini. Meskipun tidak diperlukan segera, operasi katarak dianggap sangat dini untuk menghindari masalah penglihatan permanen di kemudian hari.

Penyebab lain pupil putih adalah kanker mata langka yang disebut retinoblastoma. Retinoblastoma berkembang di dalam retina, lapisan peka cahaya di bagian belakang mata. Retinoblastoma harus segera diobati karena dapat menghancurkan mata dan kadang-kadang, lebih buruk, dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Pemeriksaan Mata Pertama Bayi

The American Optometric Association (AOA) mendorong orang tua untuk memasukkan perjalanan ke dokter mata dalam daftar pemeriksaan bayi yang sehat. Ujian pada usia enam hingga 12 bulan dapat menentukan perkembangan penglihatan yang sehat. Deteksi dini kondisi mata adalah cara terbaik untuk memastikan anak Anda memiliki visi yang sehat untuk perkembangan yang sukses, sekarang dan di masa depan. Dokter anak melakukan skrining pemeriksaan mata pada bayi baru lahir untuk memeriksa infeksi atau masalah struktural dengan mata: kelopak mata cacat, katarak, glaukoma, atau kelainan lainnya. Meskipun mata bayi diperiksa saat lahir, ada baiknya menjadwalkan pemeriksaan mata untuk bayi Anda.

Sementara AOA merekomendasikan agar anak-anak diperiksa pada usia enam bulan, dokter anak Anda akan membantu Anda menentukan waktu yang tepat untuk kunjungan pertama anak Anda. Ini adalah rekomendasi yang bagus untuk menjalani pemeriksaan mata tambahan pada usia tiga tahun dan sekali lagi pada usia sekitar lima atau enam tahun, yang biasanya sekitar waktu sekolah dasar formal dimulai.

Kesehatan Mata Pada Bayi Baru Lahir1

Bahkan orang tua yang paling cerdik sekalipun kesulitan menilai seberapa bagus penglihatan anak mereka sendiri. Melakukan pemeriksaan mata jauh lebih terlibat daripada membaca surat-surat dari grafik mata, dan bayi tidak banyak berkomunikasi sama sekali kecuali ketika mereka lapar dan lelah. Seorang dokter mata atau dokter mata terlatih dapat mengevaluasi visi anak Anda kadang-kadang tanpa anak Anda mengucapkan sepatah kata pun. Bayi dan anak kecil memerlukan pemeriksaan mata karena mereka yang memiliki masalah besar yang tidak terdeteksi dapat diatasi sebelum berubah menjadi sesuatu yang tidak dapat diperbaiki. Sistem saraf anak sangat kompleks, dan masih berkembang hingga usia 7-8 tahun. Masalah yang dapat diatasi sebelum usia 7 atau 8 dapat menyelamatkan penglihatan seumur hidup, masalah sosial atau pekerjaan.

Dokter akan mengevaluasi riwayat kesehatan bayi, penglihatan, otot mata, dan struktur mata. Dokter akan mengamati bagaimana bayi fokus, dan apakah kedua mata bekerja bersama atau tidak sebagai sebuah tim. Adalah umum bagi bayi untuk tidak mendapatkan binokularitas penuh-waktu (kedua mata bekerja bersama-sama) sampai usia 4-6 bulan. Kadang-kadang, Anda mungkin melihat satu mata keluar atau kedua mata menyilang. Itu harus singkat dan tidak sering. Dokter Anda akan menilai ini dengan seksama untuk memastikan kedua mata jatuh dalam kisaran normal. Meskipun bayi tidak dapat memberikan masukan “subyektif” pada usia ini, dokter dapat melakukan beberapa tes yang akan memberikan informasi tentang penglihatan anak.