Macam-Macam Penyakit Gangguan Mata

Macam-Macam Penyakit Gangguan Mata – Banyak orang yang mengatakan mata adalah jendela bagi jiwa. Penglihatan yang sangat baik dan mata yang jernih, bebas dari rasa sakit atau gejala lainnya sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda. Berita baiknya adalah mudah untuk mempelajari lebih lanjut tentang masalah mata, gejala, dan perawatan yang akan membuat Anda tetap prima.

Meskipun banyak orang mulai mengembangkan penyakit mata pada usia paruh baya, gejalanya mungkin tidak muncul sampai nanti, ketika kondisinya lebih lanjut dan sulit untuk diobati. Bahkan, beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka memiliki masalah penglihatan sama sekali sampai dokter mata mereka mendeteksinya selama skrining rutin atau pemeriksaan mata menyeluruh, yang memeriksa retina Anda, saraf optik, tekanan mata, dan banyak lagi. poker asia

Risiko rusaknya kondisi mata meningkat dengan bertambahnya usia. Tetapi faktor-faktor lain juga dapat meningkatkan peluang mengalami masalah penglihatan di masa depan. Misalnya, orang Afrika-Amerika dan orang-orang dengan riwayat keluarga dengan glaukoma mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ini. Dan orang yang menderita diabetes dapat mengembangkan kondisi yang disebut retinopati diabetik, yang dapat merusak retina mereka. Dengan mendeteksi penyakit mata seperti ini dan mengobatinya sesegera mungkin, para ahli memperkirakan bahwa hampir separuh dari semua kehilangan penglihatan dan kebutaan dapat dicegah.

Gejala penyakit mata

Dalam beberapa kasus, gejala penyakit mata tertentu dapat tumpang tindih dengan yang lain. Misalnya, mata berair bisa menjadi tanda mata merah muda (konjungtivitis), alergi, atau tembel; juga, sensitivitas cahaya dapat mengindikasikan katarak, migrain, atau chalazion (benjolan di kelopak mata). Mengistirahatkan mata Anda mungkin membantu meringankan gejala, tetapi secara umum, jika Anda mengalami rasa sakit yang hebat atau lama, Anda harus segera menghubungi dokter.

Pengobatan untuk penyakit mata

Dokter mata biasanya akan mengobati kesalahan refraksi seperti rabun jauh dan rabun dekat dengan kacamata atau kontak lensa. Tetapi penyakit mata yang lebih serius dapat diobati dengan kombinasi obat atau pembedahan. Dalam banyak kasus, cara terbaik untuk melindungi penglihatan Anda adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin, termasuk ujian mata yang di sediakan oleh rumah sakit ataupun klinik. Dengan mendeteksi kondisi mata pada tahap awal mereka, adalah untuk mencegah kehilangan penglihatan dari menjadi lebih buruk dengan bertambahnya usia.

Di sini ada beberapa perawatan penyakit mata yang umum:

• Bedah refraktif, suatu prosedur yang dapat membantu memperbaiki kesalahan refraksi, seperti rabun jauh atau astigmatisme (Lasik adalah jenis operasi refraktif).
  • Transplantasi kornea untuk mengganti sebagian atau seluruh kornea yang rusak.
  • Steroid oral, obat yang dapat mengobati kondisi mata inflamasi seperti uveitis, peradangan serius yang berpotensi merusak penglihatan uvea, lapisan tengah mata.

Masalah mata yang paling umum

Masalah mata yang paling umum di Amerika Serikat meliputi miopia (rabun jauh), hyperopia (rabun dekat), astigmatisme (penglihatan buram), dan presbiopia (ketidakmampuan untuk fokus pada objek dari dekat). Sementara banyak dari masalah penglihatan ini dapat diperbaiki dengan bantuan kacamata, kontak lensa, atau operasi, jutaan orang Amerika memiliki kondisi mata yang lebih serius yang pada akhirnya dapat menyebabkan kehilangan penglihatan atau kebutaan. Ini termasuk penyakit seperti degenerasi makula terkait usia, katarak, retinopati diabetik, dan glaukoma.

Berikut adalah beberapa masalah mata yang dapat berkembang:

• Kesalahan bias

• Katarak

• Neuritis optik, radang saraf optik

• Penyakit retina, seperti robekan retina atau detasemen

• Degenerasi makula

• Glaukoma

• Konjungtivitis

• Masalah mata diabetes, seperti retinopati diabetikum dan edema makula diabetik

Glaukoma

Glaukoma terjadi ketika tekanan cairan meningkat di mata, merusak saraf optik. Orang dengan glaukoma dapat kehilangan penglihatan dan akhirnya menjadi buta, dan penyakitnya adalah satu penyebab utama kebutaan di Amerika Serikat. Pengobatan dini melalui tetes mata atau pembedahan dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit dan mencegah kehilangan penglihatan. Orang dapat menderita glaukoma pada usia berapa pun, tetapi biasanya menyerang orang dewasa yang lebih tua.

Katarak

Katarak adalah pengaburan lensa mata, menyebabkan penglihatan kabur dan akhirnya kehilangan penglihatan. Mereka sering berkembang seiring bertambahnya usia, ketika protein di mata mulai menggumpal dan menyebabkan kekeruhan, membuatnya sulit untuk dilihat dengan benar. Lebih dari setengah orang Amerika memiliki katarak pada ulang tahun ke-80, dan mereka yang merokok, mengalami obesitas, memiliki tekanan darah tinggi, minum obat tertentu, atau memiliki diabetes memiliki risiko lebih besar terkena katarak.

Gejala lain dapat termasuk penglihatan ganda, kesulitan melihat di malam hari, “lingkaran cahaya” yang muncul di sekitar lampu, dan melihat warna menjadi pudar atau menguning. Seorang dokter mata atau dokter mata dapat mendiagnosis katarak dengan pemeriksaan mata yang komprehensif. Kacamata resep dapat membantu beberapa orang dengan katarak, tetapi yang lain mungkin harus menjalani operasi untuk menghilangkannya.

Konjungtivitis (mata merah muda)

Berkat gejala khasnya, konjungtivitis paling umum dikenal dengan julukannya, mata merah muda. Meskipun sulit untuk menentukan penyebab konjungtivitis, kondisi mata ini dapat dipicu oleh virus, bakteri, alergen, bahan kimia, dan bahkan bulu mata yang longgar atau lensa kontak yang kotor.

Selain warna merah muda atau merah yang berkembang di mata, konjungtivitis juga dapat menyebabkan pembengkakan kelopak mata, mata berair, gatal, terbakar, krusta, atau keluarnya cairan. Mata merah muda yang disebabkan oleh virus atau bakteri juga bisa menular. Dalam beberapa kasus, infeksi mata akan hilang dengan sendirinya (menggunakan kompres dingin dan air mata buatan dapat membantu meredakan iritasi), tetapi jika Anda mengalami rasa sakit, gejala yang memburuk, kepekaan terhadap cahaya, dan penglihatan kabur, Anda harus melihat dokter.

Degenerasi makula

Diperkirakan 10 juta orang di Amerika Serikat dipengaruhi oleh degenerasi makula, penyakit mata yang merusak penglihatan sentral. Degenerasi makula biasanya mengacu pada degenerasi makula terkait usia (AMD). Ada dua subkelompok AMD: AMD basah, yang terjadi ketika pembuluh darah tumbuh di bawah retina; dan AMD kering, yang mempengaruhi sekitar 80% dari semua kasus degenerasi makula dan terjadi ketika retina menipis seiring waktu.

Meskipun pengobatan dini seperti “vitamin mata” dapat membantu memperlambat perkembangan degenerasi makula, tidak ada obat untuk penyakit ini.

Bintil

Bintil berwarna merah, seperti jerawat yang disebabkan oleh penyumbatan di salah satu kelenjar minyak kelopak mata. Mereka biasanya muncul di ujung kelopak mata seseorang. Gejala yang paling umum termasuk sensitivitas terhadap cahaya, sensasi grittiness, dan mata berair. Untuk merawat kondisi mata di rumah, coba oleskan waslap hangat ke benjolan. Walaupun banyak bintil yang sembuh dengan sendirinya, dokter Anda mungkin merekomendasikan antibiotik untuk bintil yang tersisa, atau mencoba mengeringkannya di kantor.

Mata Merah

Macam-Macam Penyakit Gangguan Mata

Ketika pembuluh darah di mata menjadi bengkak karena kekeringan, alergi, atau infeksi seperti konjungtivitis, mata bisa tampak merah dan merah. Seringkali, mata merah tidak memberi sinyal keadaan darurat, tetapi pada beberapa kesempatan misalnya, jika disertai dengan sakit mata atau perubahan penglihatan Anda harus menghubungi dokter Anda.

Kondisi mata lainnya:

• Miopia: Juga dikenal sebagai rabun jauh, miopia adalah salah satu masalah penglihatan yang paling umum di Amerika Serikat. Seiring dengan hyperopia (rabun jauh), kondisi mata ini dapat diobati dengan kacamata, kontak, dan pembedahan seperti lasik.

• Chalazion: chalazion adalah benjolan merah dan bengkak yang dapat muncul pada kelopak mata ketika kelenjar minyak kelopak mata tersumbat.

• Buta warna: Meskipun kurang umum pada wanita, sebanyak 8% pria memiliki kebutaan warna, kesulitan membedakan antara nuansa warna yang sama.

• Eye floaters: Sering muncul sebagai bintik berlekuk di depan bidang penglihatan Anda, eye floaters disebabkan oleh perubahan vitreous mata, zat seperti jeli. Kedengarannya menakutkan, tetapi floaters ini biasanya tidak berbahaya. Pengecualian: Jika mereka disertai dengan kilatan cahaya, Anda mungkin mengalami pelepasan vitreous posterior, yang dapat menyebabkan retina atau detasemen. Dalam hal ini, Anda harus segera cari bantuan medis.

• Mata kering: Kesulitan membuat cukup air mata untuk menjaga mata tetap lembab, mata kering dapat menyebabkan penglihatan kabur, terbakar, atau gatal. Menggunakan air mata buatan atau obat resep dapat membantu meringankan ketidaknyamanan.

• Retinopati diabetik: Penyakit mata yang menyerang penderita diabetes, retinopati diabetik terjadi ketika kadar gula darah tinggi merusak pembuluh darah di retina seseorang, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

• Ketegangan mata: Mengenakan kacamata resep atau lensa kontak yang salah dapat menyebabkan mata Anda merasa lelah atau tidak nyaman. Penyebab lain: menatap layar elektronik seperti tablet, e-reader, dan komputer.

• Acanthamoeba keratitis: Infeksi kornea yang resistan terhadap obat yang jarang ini disebabkan oleh organisme Acanthamoeba, amuba mikroskopis yang ditemukan di danau, lautan, dan tanah. Gejalanya dapat berupa nyeri mata, kemerahan, penglihatan kabur, dan sensitivitas terhadap cahaya. Infeksi dapat menyebabkan hilangnya penglihatan permanen dan kebutaan.