Mata Kuning Bagian 1

Mata Kuning Bagian 1 – Bagian putih mata Anda (disebut sklera) menguning saat Anda memiliki kondisi yang disebut penyakit kuning.

Bagian putih mata Anda mungkin menguning ketika tubuh Anda memiliki terlalu banyak bahan kimia yang disebut bilirubin, zat kuning yang terbentuk saat sel darah merah rusak. Biasanya, itu bukan masalah. Hati Anda menyaring bilirubin dari darah Anda dan menggunakannya untuk membuat cairan yang disebut empedu. Empedu bergerak melalui tabung tipis (disebut saluran empedu) untuk sampai ke saluran pencernaan Anda dan kemudian keluar dari tubuh Anda sebagai limbah.

Tetapi jika Anda memiliki terlalu banyak bilirubin dalam darah Anda atau jika hati Anda tidak dapat membuangnya dengan cukup cepat, itu menumpuk di tubuh Anda dan dapat mengubah mata Anda menjadi kuning. Itu penyakit kuning. idnplay

Penyebab Umum Mata Kuning

Menguningnya mata Anda mungkin terjadi karena berbagai alasan, termasuk:

Hepatitis

Hepatitis adalah saat hati Anda meradang. Seringkali, penyebabnya adalah virus yang menginfeksi sel hati, seperti hepatitis A, B, atau C. Infeksinya bisa berumur pendek (akut) atau jangka panjang (kronis), yang berarti berlangsung setidaknya selama 6 bulan.

Hepatitis merusak hati sehingga tidak dapat menyaring bilirubin juga. Ini dapat menyebabkan penyakit kuning. Terkadang, obat-obatan atau penyakit autoimun (di mana sistem kekebalan menyerang tubuh Anda) dapat menyebabkan hepatitis.

Batu empedu

Potongan material yang keras dan seperti kerikil ini terbentuk di kantong empedu Anda, sebuah organ kecil di bawah hati Anda. Batu empedu adalah penyebab tersering saluran empedu yang tersumbat.

Pikirkan saluran empedu seperti pipa pembuangan. Mereka membawa cairan dari hati Anda ke kantong empedu (di mana disimpan) dan kemudian ke usus kecil. Jika saluran empedu tersumbat oleh batu empedu, bilirubin menumpuk di dalam darah Anda. Itu menyebabkan bagian putih mata Anda menguning.

Beberapa penyakit hati langka juga bisa menyumbat saluran empedu.

Minum terlalu banyak alkohol

Jika Anda minum banyak-banyak dalam waktu lama (biasanya minimal 8 sampai 10 tahun), itu dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius. Pada beberapa orang, hal itu dapat menyebabkan peradangan yang merusak sel-sel hati. Seiring waktu, bekas luka dapat menggantikan jaringan hati yang sehat, sehingga lebih sulit bagi hati Anda untuk melakukan tugasnya. Bacalah tentang seberapa banyak minum alkohol dapat menyebabkan hepatitis alkoholik.

Obat-obatan tertentu

Pengobatan yang dikaitkan dengan penyakit kuning meliputi:

– Acetaminophen (dari mengambil terlalu banyak)

– Penisilin (seperti amoksisilin / klavulanat)

– Pil KB

– Klorpromazin (digunakan untuk mengobati gangguan mental / mood tertentu)

– Steroid

Infeksi hati

Virus hepatitis adalah penyebab paling umum dari infeksi hati, tetapi juga bisa disebabkan oleh parasit seperti cacing hati. Anda bisa mendapatkannya dari makan ikan mentah atau setengah matang atau tanaman yang terinfeksi. Infeksi tidak umum terjadi di AS, tetapi ascariasis, atau cacing gelang, dapat masuk dan menyumbat saluran empedu Anda. Pelajari lebih lanjut tentang gejala dan pengobatan infeksi cacing gelang.

Reaksi terhadap transfusi darah

Jika Anda diberi darah dengan jenis yang salah misalnya, jika Anda memiliki golongan darah A tetapi mendapatkan golongan B sistem kekebalan Anda mungkin menghancurkan darah yang salah, melepaskan bilirubin dan menyebabkan penyakit kuning. Masalah ini jarang terjadi karena pengujian darah, tetapi ini dianggap darurat.

Anemia sel sabit

Penyakit sel sabit sangat umum terjadi pada orang keturunan Afrika atau Karibia. Mereka menyebabkan tubuh Anda membuat sel darah merah yang lengket dan melengkung dan kembali ke dalam hati Anda, dan mereka mati lebih cepat daripada yang bisa disaring oleh hati Anda. Bilirubin dari sel-sel ini menumpuk di tubuh Anda, menyebabkan penyakit kuning. Ketahui gejala penyakit sel sabit.

Malaria

Anda mendapatkan parasit yang menyebabkan malaria dari gigitan nyamuk atau melalui kontak dengan darah yang terinfeksi. Sel darah Anda bisa pecah atau rusak dan disaring oleh hati atau limpa Anda. Hilangnya sel darah merah menyebabkan anemia dan penyakit kuning.

Sirosis

Kondisi ini menyebabkan jaringan parut menggantikan sel hati yang sehat. Itu terjadi secara perlahan dalam waktu lama. Banyak bentuk penyakit hati dan kondisi yang menyebabkan sirosis. Hal paling umum yang membuatnya lebih mungkin adalah:

– Minum terlalu banyak alkohol

– Menjadi gemuk, yang membuat Anda lebih mungkin untuk mendapatkan kondisi lain yang menyebabkan sirosis

– Infeksi hepatitis B atau hepatitis C jangka panjang