Mata Kuning Bagian 2

Mata Kuning Bagian 2 – Karena semakin banyak jaringan parut yang terbentuk, semakin sulit bagi hati Anda untuk bekerja.

Penyakit hati berlemak non-alkohol

Ketika terlalu banyak lemak menumpuk di hati Anda, meskipun Anda minum sedikit atau tanpa alkohol, itu disebut penyakit hati berlemak nonalkohol. Bentuk parah dari kondisi ini, steatohepatitis nonalkoholik, menyebabkan peradangan hati dan jaringan parut (sirosis). idn play

Anemia hemolitik

Anemia adalah suatu kondisi di mana darah Anda kekurangan sel darah merah yang sehat. Ada banyak jenisnya. Pada anemia hemolitik, tubuh Anda terlalu cepat memecah sel darah merah. Ketika itu terjadi, ia melepaskan lebih banyak bilirubin daripada yang bisa ditangani hati Anda.

Anda bisa lahir dengan jenis anemia ini. Atau mungkin berasal dari hal-hal seperti infeksi atau gangguan autoimun.

Kanker

– Kanker hati. Kanker yang dimulai atau menyebar dari hati adalah penyebab paling umum penyakit kuning pada orang yang menderita kanker. Ini dapat merusak sel hati atau saluran empedu, yang memengaruhi seberapa baik bilirubin diproses.

– Kanker pankreas. Tumor di pankreas Anda dapat menekan saluran empedu. Jika empedu tidak dapat mengalir dari hati ke usus kecil, bilirubin menumpuk. Ketika kanker pankreas menyebar, seringkali menuju ke hati. Ini juga bisa menyebabkan penyakit kuning.

– Kanker kandung empedu. Bentuk kanker langka ini biasanya tidak menimbulkan gejala sampai tumor tumbuh besar atau kanker menyebar. Tumor yang cukup besar untuk menyumbat saluran empedu dapat menyebabkan penyakit kuning. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang apa yang perlu diketahui tentang kanker kandung empedu.

Penyebab Mata Kuning yang Kurang Umum

Penyakit saluran empedu

Batu empedu adalah penyakit saluran empedu yang paling umum, tetapi beberapa kondisi langka dapat menyebabkan penyakit kuning, seperti:

– Atresia bilier. Ini adalah penyumbatan saluran empedu yang biasanya menyerang bayi 2 hingga 6 minggu setelah lahir.

– Kolangitis bilier primer. Ini menghancurkan saluran empedu dari waktu ke waktu.

– Kolangitis sklerosis primer. Ini menyebabkan jaringan parut di saluran. Dapatkan gambaran umum tentang penyebab, gejala, dan pengobatan primary sclerosing cholangitis.

Kolitis ulseratif

Kerusakan hati akibat kolitis ulserativa dapat menyebabkan kolangitis sklerosis primer dan kemudian penyakit kuning. Pelajari tentang gejala kolitis ulserativa dan pengobatannya.

Sarkoidosis

Penyakit inflamasi ini dapat memicu sistem kekebalan Anda untuk menyerang jaringan tubuh Anda. Jika itu merusak hati Anda, Anda mungkin menderita penyakit kuning. Sarkoidosis juga dapat menyebabkan benjolan kuning kecil di mata Anda.

Amiloidosis

Kondisi ini menyebabkan penumpukan protein yang tidak biasa yang disebut amiloid di jaringan dan organ Anda. Penyakit kuning bisa terjadi saat deposit ada di hati Anda.

Pankreatitis

Penyakit kuning adalah komplikasi umum pankreatitis, biasanya karena penyumbatan di saluran empedu Anda. Ketahui cara mengenali gejala pankreatitis.

Sindrom Gilbert

Kondisi langka ini hanya menyerang sekitar 3% hingga 7% orang. Jika Anda dilahirkan dengan itu, hati Anda tidak menghasilkan cukup enzim yang dibutuhkan untuk memproses bilirubin. Hasilnya adalah kadar bilirubin yang lebih tinggi dalam darah dan mata kuning Anda.

Sindrom Dubin-Johnson adalah kelainan yang bahkan lebih jarang terjadi yang memengaruhi hati Anda dan dapat menyebabkan penyakit kuning. Itu diturunkan melalui keluarga.

Mata Kuning pada Bayi

Banyak bayi baru lahir mengalami penyakit kuning karena sedikit penumpukan bilirubin. Anda mungkin memperhatikan:

– Mata dan kulit menguning, mulai dari wajah dan menuruni tubuh

– Makan yang buruk

– Lebih kantuk

Kadar bilirubin yang tinggi dapat menyebabkan kejang, gangguan pendengaran, dan kerusakan otak. Dokter Anda harus mengawasi kadar bilirubin bayi Anda jika mereka menunjukkan tanda-tanda penyakit kuning.

Tubuh bayi Anda membuang bilirubin ekstra melalui kotorannya. ASI memiliki efek pencahar, sehingga lebih banyak mengeluarkan kotoran. Mereka harus menyusui setidaknya delapan kali sehari. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran, bicarakan dengan spesialis yang disebut konsultan laktasi.

Lampu khusus juga dapat membantu tubuh bayi Anda membersihkan bilirubin ekstra. Pelajari lebih lanjut tentang penyakit kuning pada bayi baru lahir.

Bagaimana Menghilangkan Mata Kuning

Mengobati penyebab mata kuning Anda harus menjernihkannya. Misalnya, jika batu empedu menghalangi saluran empedu, Anda mungkin perlu minum obat atau menjalani operasi sederhana. Jika Anda menderita hepatitis, dokter Anda mungkin memberi Anda obat untuk melawan virus. Atau mereka mungkin meminta Anda untuk menghindari minum alkohol atau minum obat-obatan tertentu.

Tumor kanker yang menyumbat saluran empedu dan sirosis hati bisa berbahaya atau mematikan. Namun dengan pengobatan, sebagian besar kondisi yang menyebabkan mata kuning tidak menyebabkan masalah lebih lanjut.