Mengenakan dan Merawat Lensa Kontak

Mengenakan dan Merawat Lensa Kontak – Lensa kontak adalah perangkat medis yang memerlukan resep, bahkan jika bukan untuk koreksi penglihatan. Ketika Anda menjalani pemeriksaan mata, profesional perawatan mata Anda akan menilai kesehatan mata Anda dan juga memeriksa rabun jauh (miopia), rabun jauh (hyperopia), dan astigmatisme. Saat Anda melihat grafik mata, profesional perawatan mata Anda akan mengukur penglihatan Anda dengan tepat, dan, jika perlu, menentukan resep untuk lensa korektif.

Jadwal Penggantian

Lensa kontak dirancang untuk waktu pemakaian yang spesifik. Tergantung pada apa yang terbaik untuk mata Anda, profesional perawatan mata Anda dapat merekomendasikan lensa yang dirancang untuk penggantian harian, atau lensa yang dirancang untuk penggantian yang sering / direncanakan.

  • Pakai sekali pakai sehari-hari – lensa kontak dibuang setelah setiap pelepasan
  • Penggantian yang Sering / Direncanakan – lensa kontak dibersihkan, dibilas dan didesinfeksi setiap kali dikeluarkan dari mata dan dibuang setelah periode pemakaian yang disarankan ditentukan oleh profesional perawatan mata.
Mengenakan dan Merawat Lensa Kontak

Sangat penting untuk mengikuti jadwal penggantian yang diberikan oleh ahli perawatan mata Anda – ini memberi tahu Anda saat Anda membutuhkan lensa baru. Mengikutinya akan membantu menjaga mata Anda sehat dan nyaman – jadi pastikan Anda tetap menggunakannya. idnplay

Menangani lensa kontak

Kebersihan adalah aspek penting dari perawatan lensa kontak yang tepat dan penanganan lensa baru Anda. Tangan Anda harus bersih dan bebas dari zat asing ketika Anda memegang lensa Anda:

  • Selalu cuci tangan Anda secara menyeluruh dengan sabun lembut, bilas sepenuhnya, dan keringkan dengan handuk bebas serat sebelum menyentuh lensa Anda.
  • Hindari penggunaan sabun yang mengandung krim dingin, lotion, atau kosmetik berminyak sebelum memegang lensa Anda, karena zat ini dapat bersentuhan dengan lensa dan mengganggu kesuksesan pemakaian.
  • Tangani lensa Anda dengan ujung jari, dan berhati-hatilah untuk menghindari kontak dengan kuku. Sangat membantu untuk menjaga kuku Anda tetap pendek dan halus.

Biasakan menggunakan prosedur yang tepat sehingga menjadi otomatis. Juga lihat Memasukkan & Melepas lensa.

Untuk pemakaian lensa kontak yang aman, ikuti rutinitas perawatan lensa Anda:

  • Selalu cuci, bilas, dan keringkan tangan sebelum memegang lensa kontak.
  • Selalu gunakan solusi perawatan lensa yang segar dan tidak kedaluwarsa.
  • Gunakan sistem perawatan lensa yang direkomendasikan dan ikuti instruksi pada pelabelan solusi dengan cermat. Solusi berbeda tidak selalu dapat digunakan bersama, dan tidak semua solusi aman untuk digunakan dengan semua lensa. Jangan mengganti atau mencampur sistem perawatan lensa kecuali ditunjukkan pada label solusi.
  • Selalu lepaskan, bersihkan, bilas, enzim dan desinfeksi lensa Anda sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh profesional perawatan mata Anda. Penggunaan enzim atau larutan pembersih tidak menggantikan disinfektan.
  • Jangan gunakan air liur atau apa pun selain solusi yang disarankan untuk melumasi atau membasahi kembali lensa Anda. Jangan letakkan lensa di mulut Anda.
  • Lensa yang ditentukan dalam program penggantian yang sering harus dibuang setelah berakhirnya periode pemakaian yang ditentukan oleh profesional perawatan mata Anda.
  • Jangan sekali-kali membilas lensa Anda dengan air dari keran. Ada dua alasan untuk ini:
  • Air keran mengandung banyak kotoran yang dapat mencemari atau merusak lensa Anda dan dapat menyebabkan infeksi mata atau cedera.
  • Anda mungkin kehilangan lensa karena sia-sia.
  • Bersihkan satu lensa terlebih dahulu (selalu lensa yang sama terlebih dahulu untuk menghindari percampuran), bilas lensa secara menyeluruh dengan larutan garam atau desinfektan yang disarankan untuk menghilangkan larutan pembersih, lendir, dan lapisan film dari permukaan lensa. Ikuti instruksi yang diberikan dalam label larutan pembersih. Masukkan lensa ke dalam ruang penyimpanan lensa yang benar. Kemudian ulangi prosedur untuk lensa kedua.
  • Setelah membersihkan, dan membilas, lensa disinfektan menggunakan sistem yang direkomendasikan oleh profesional perawatan mata Anda. Ikuti instruksi yang diberikan dalam pelabelan larutan desinfeksi.
  • Untuk menyimpan lensa, desinfektan dan biarkan dalam wadah tertutup / belum dibuka sampai siap dipakai. Jika lensa tidak akan digunakan segera setelah desinfeksi, Anda harus berkonsultasi dengan label solusi penyimpanan untuk informasi tentang penyimpanan lensa.
  • Setelah melepaskan lensa dari wadah lensa, kosongkan dan bilas wadah penyimpanan lensa dengan solusi yang direkomendasikan oleh pabrik pembuat lensa; kemudian biarkan penutup lensa mengering. Ketika kasing digunakan lagi, isi kembali dengan solusi penyimpanan segar. Ganti wadah lensa secara berkala.
  • Profesional perawatan mata Anda dapat merekomendasikan solusi pelumas / rewetting untuk membasahi (melumasi) lensa Anda saat Anda memakainya untuk membuatnya lebih nyaman

Cara Merawat Lensa Kontak Anda dengan Solusi Biotrue

Sangat mudah untuk merawat lensa kontak pengganti yang sering / direncanakan yang Anda gunakan selama lebih dari satu hari. Pastikan untuk mengikuti rutinitas yang direkomendasikan oleh ahli perawatan mata Anda. Kondisi larutan biotrue, membersihkan, menghilangkan protein, mendisinfeksi, membilas dan menyimpan lensa kontak lunak termasuk lensa kontak silikon hidrogel.

Langkah-langkah ini direkomendasikan saat menggunakan Biotrue Solution untuk pengalaman memakai lensa kontak yang sehat dan nyaman:

  • LANGKAH 1: Tempatkan setidaknya 3 tetes larutan serbaguna Biotrue di setiap sisi permukaan lensa dan gosok perlahan selama 20 detik. Hanya gunakan solusi segar untuk membersihkan dan mendisinfeksi lensa kontak.
  • LANGKAH 2: Bilas secara menyeluruh setiap sisi lensa selama 5 detik dengan solusi multi-fungsi Biotrue.
  • LANGKAH 3: Tempatkan lensa kontak yang sudah dibersihkan dalam wadah lensa dan isi dengan solusi multi-tujuan Biotrue yang segar. Rendam setidaknya 4 jam. Ingatlah untuk selalu menggunakan solusi segar – buang solusi dari wadah lensa setelah setiap kali digunakan.

Lensa kontak Anda sekarang siap dipakai. Jika ada serpihan yang tersisa pada lensa kontak, bilas dengan Biotrue solusi multiguna sebelum dimasukkan. Toko: Jika tidak segera memakai lensa kontak, simpan dalam wadah lensa tertutup. Jangan menyimpan lensa Anda dalam larutan garam sederhana sebagai pengganti Biotrue solusi multiguna. Larutan saline tidak akan didisinfeksi. Lensa dapat disimpan dalam wadah yang belum dibuka hingga siap dipakai, hingga maksimal 30 hari. Jika Anda menyimpan lensa Anda untuk jangka waktu yang lebih lama, lensa harus dibersihkan dan didesinfeksi dengan solusi multi-tujuan Biotrue yang segar sebelum pemasangan lensa.

Perawatan Case Lens

Adalah penting bahwa Anda mengikuti arahan profesional perawatan mata Anda dan semua instruksi pemberian label untuk penggunaan lensa dan produk perawatan lensa yang tepat, termasuk wadah lensa. Kotak lensa kontak dapat menjadi sumber pertumbuhan bakteri. Pelindung lensa harus dikosongkan, dibersihkan, dibilas dengan solusi yang direkomendasikan oleh pabrik pembuat lensa, dan dibiarkan mengering setiap kali Anda melepaskan lensa kontak dari itu. Pelindung lensa harus diganti secara berkala sesuai anjuran oleh profesional perawatan mata Anda.

Mengenakan dan Merawat Lensa Kontak1

Reaksi Merugikan (Masalah Dan Apa yang Harus Dilakukan)

Jika Anda melihat ada masalah dengan lensa kontak Anda seperti mata menyengat, terbakar, gatal, sakit mata, kenyamanan kurang dari ketika lensa pertama kali dimasukkan, perasaan abnormal pada sesuatu di mata, penyiraman berlebihan, sekresi mata yang tidak biasa, kemerahan, berkurangnya ketajaman penglihatan, penglihatan kabur, pelangi atau lingkaran cahaya di sekitar benda, kepekaan terhadap cahaya atau mata kering Anda harus:

  • Segera lepaskan lensa Anda.
  • Jika ketidaknyamanan atau masalah berhenti, maka perhatikan lensa dengan cermat. Jika lensa rusak, jangan pasang kembali mata Anda. Tempatkan lensa di tempat penyimpanan dan hubungi profesional perawatan mata Anda. Jika lensa memiliki kotoran, bulu mata, atau benda asing lainnya, atau masalah berhenti dan lensa tampak tidak rusak, Anda harus membersihkan, membilas, dan mendisinfeksi lensa secara menyeluruh; kemudian masukkan kembali. Setelah dimasukkan kembali, jika masalah berlanjut, Anda harus segera melepas lensa dan berkonsultasi dengan profesional perawatan mata Anda.

Ketika salah satu dari masalah di atas berlanjut, kondisi serius dapat hadir. Anda harus menjauhkan lensa dari mata Anda sampai profesional perawatan mata Anda dapat mengidentifikasi masalahnya.