Pertimbangan Sebelum Melakukan Operasi Lasik

Pertimbangan Sebelum Melakukan Operasi Lasik

Pertimbangan Sebelum Melakukan Operasi Lasik – Jika Anda bosan mengenakan kacamata atau lensa kontak, Anda mungkin bertanya-tanya apakah operasi lasik tepat untuk Anda. Lasik adalah jenis operasi mata bias.

Secara umum, kebanyakan orang yang memiliki operasi mata keratomileusis (lasik) menggunakan bantuan laser untuk mencapai penglihatan 20/25 atau lebih baik, yang bekerja dengan baik untuk sebagian besar kegiatan. Tetapi kebanyakan orang akhirnya masih membutuhkan kacamata untuk mengemudi di malam hari atau membaca saat mereka bertambah tua. http://idnplay.sg-host.com/

Operasi lasik memiliki rekam jejak yang baik. Komplikasi yang mengakibatkan hilangnya penglihatan jarang terjadi, dan kebanyakan orang puas dengan hasilnya. Ada efek samping tertentu, terutama mata kering dan gangguan visual sementara. Tapi ini biasanya hilang setelah beberapa minggu atau bulan, dan sangat sedikit orang menganggapnya sebagai masalah jangka panjang.

Pertimbangan Sebelum Melakukan Operasi Lasik

Orang-orang dengan rabun jauh cenderung memiliki tingkat operasi paling sukses dengan operasi refraktif. Orang dengan rabun jauh atau rabun dekat dengan astigmatisme memiliki hasil yang kurang dapat diprediksi.

Apa yang termasuk dalam operasi mata lasik?

Ada beberapa variasi operasi pembiasan laser. Lasik adalah yang paling dikenal dan paling sering dilakukan.

Biasanya, gambar difokuskan pada retina di belakang mata Anda. Dengan rabun jauh (miopia), rabun jauh (hyperopia) atau astigmatisme, mereka akhirnya menjadi fokus di tempat lain, menghasilkan penglihatan kabur.

  • Rabun jauh adalah suatu kondisi di mana Anda melihat objek terdekat dengan jelas, tetapi objek yang jauh buram. Ketika bola mata Anda sedikit lebih panjang dari biasanya atau ketika kornea melengkung terlalu tajam, sinar cahaya fokus di depan retina dan mengaburkan penglihatan jauh. Anda dapat melihat objek yang dekat dengan lebih jelas, tetapi bukan objek yang jauh.
  • Rabun jauh (hyperopia) adalah suatu kondisi di mana Anda dapat melihat benda-benda jauh dengan jelas, tetapi benda-benda di sekitarnya buram. Ketika Anda memiliki bola mata yang lebih pendek dari rata-rata atau kornea yang terlalu datar, cahaya berfokus di belakang retina alih-alih di atasnya. Ini mengaburkan dekat penglihatan dan terkadang penglihatan jauh.
  • Astigmatisme menyebabkan penglihatan kabur secara keseluruhan. Ketika kornea melengkung atau merata, hasilnya adalah astigmatisme, yang mengganggu fokus penglihatan dekat dan jauh.

Secara tradisional, penglihatan buram dikoreksi dengan menekuk (membiaskan) sinar cahaya dengan kacamata atau lensa kontak. Tetapi pembentukan kembali kornea (jaringan transparan berbentuk kubah di bagian depan mata Anda) itu sendiri juga akan memberikan pembiasan dan koreksi penglihatan yang diperlukan.

Sebelum prosedur lasik, ahli bedah mata Anda akan menilai pengukuran rinci mata Anda. Kemudian ia akan menggunakan laser cutting tipe khusus untuk secara tepat mengubah lengkungan kornea Anda. Dengan setiap denyut sinar laser, sejumlah kecil jaringan kornea dihilangkan, memungkinkan ahli bedah mata Anda untuk meratakan kurva kornea Anda atau membuatnya lebih curam.

Paling umum, dokter bedah membuat flap di kornea dan kemudian mengangkatnya sebelum membentuk kembali kornea. Ada juga variasi di mana flap yang sangat tipis dinaikkan atau tidak ada flap yang digunakan sama sekali atau tidak ada flap sama sekali, dinaikkan. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan.

Ahli bedah mata individu dapat berspesialisasi dalam jenis prosedur mata laser tertentu. Perbedaan di antara mereka umumnya kecil dan tidak ada yang jelas lebih baik daripada yang lain. Tergantung pada keadaan dan preferensi Anda, Anda dapat mempertimbangkan:

  • Photorefractive keratectomy (PRK). Dengan PRK, daripada membentuk flap, permukaan atas (epitel) dikikis. Abrasi kornea ini membutuhkan waktu tiga atau empat hari untuk sembuh, menghasilkan nyeri sedang dan penglihatan kabur dalam jangka pendek.

Diperkirakan bahwa kelemahan-kelemahan ini lebih besar daripada keuntungan teoretis bahwa PRK lebih aman bagi orang-orang yang lebih mungkin terganggu oleh mata misalnya, mereka yang terlibat dalam olahraga, penegakan hukum atau militer. Tetapi bahkan dengan lasik standar, risiko pecahnya bola mata masih sangat rendah, jadi mungkin tidak ada keuntungan signifikan dengan PRK. Lasik juga merupakan pilihan yang lebih baik daripada PRK untuk mengoreksi rabun jauh yang lebih parah (miopia).

  • Keratektomi subepitel berbantuan laser atau disebut lasek. Lasek mirip dengan operasi Lasik, tetapi flap dibuat dengan menggunakan alat potong khusus (microkeratome) dan mengekspos kornea terhadap etanol. Prosedur ini memungkinkan ahli bedah untuk menghilangkan kornea lebih sedikit, menjadikannya pilihan yang baik bagi orang yang memiliki kornea tipis. Bagi orang-orang dengan risiko cedera mata yang lebih besar, Lasek tidak memiliki keunggulan signifikan dibandingkan lasik.
  • Epithelial laser-assisted in-situ keratomileusis (epi-LASIK). Dalam prosedur epi-LASIK, dokter bedah Anda memisahkan epitel dari bagian tengah kornea (stroma) menggunakan alat pisau tumpul mekanis (epikeratome) dan membentuk kembali kornea dengan laser. Prosedur ini mirip dengan LASEK.
  • Implantable Lens. Lensa korektif dapat dimasukkan secara operasi ke mata untuk meningkatkan penglihatan. Ini secara rutin dilakukan sebagai bagian dari operasi katarak (di mana lensa alami yang lama dan keruh dilepas). Ini juga bisa menjadi alternatif untuk LASIK untuk orang dewasa yang lebih tua yang mungkin memerlukan operasi katarak di masa depan.

Orang yang lebih muda dengan rabun jauh tingkat tinggi yang tidak dapat dirawat dengan memuaskan dengan lensa korektif juga dapat ditawarkan lensa implan. Tetapi ini bukan pilihan rutin bagi kebanyakan orang.

  • Bioptik. Bioptik menggabungkan satu atau lebih teknik, seperti lensa implan dan lasik, untuk mengobati rabun jauh atau rabun jauh. Sekali lagi, ini bukan pilihan bagi kebanyakan orang yang mencari operasi mata bias.

Apakah mata Anda sehat?

Secara umum, operasi mata laser paling tepat untuk orang-orang yang memiliki tingkat kesalahan bias tingkat sedang dan tidak ada masalah penglihatan yang tidak biasa.

  • Dokter bedah mata Anda akan mengajukan pertanyaan terperinci tentang kesehatan mata Anda dan mengevaluasi mata Anda untuk memastikan Anda tidak memiliki kondisi yang dapat mengakibatkan komplikasi atau hasil operasi yang buruk. Ini termasuk:
  • Penyakit mata yang menyebabkan penurunan penglihatan Anda secara progresif dan penipisan kornea (keratoconus). Bahkan, jika keratoconus berjalan di keluarga Anda, bahkan jika Anda tidak memilikinya, berhati-hatilah dengan operasi mata.
  • Keratitis, uveitis, herpes simpleks mempengaruhi area mata, dan infeksi mata lainnya.
  • Cidera mata atau kelainan kelopak mata.
  • Mata kering. Jika Anda memiliki mata kering, operasi lasik dapat memperburuk kondisinya.
  • Pupil besar. Jika pupil Anda besar, terutama dalam cahaya redup, lasik mungkin tidak sesuai. Pembedahan dapat menyebabkan gejala yang melemahkan seperti silau, lingkaran cahaya, ledakan bintang dan gambar hantu.
  • Glaukoma. Prosedur bedah dapat meningkatkan tekanan mata Anda, yang dapat memperburuk glaukoma.
  • Katarak.

Anda mungkin juga memikirkan untuk menjalani operasi lasik jika:

Pertimbangan Sebelum Melakukan Operasi Lasik
  • Anda memiliki rabun jauh yang parah atau telah didiagnosis dengan kesalahan bias tinggi. Kemungkinan manfaat dari operasi lasik mungkin tidak membenarkan risiko.
  • Anda memiliki visi keseluruhan yang cukup bagus. Jika Anda melihat cukup baik sehingga memerlukan kontak atau kacamata hanya sebagian waktu, perbaikan dari operasi mungkin tidak sebanding dengan risikonya.
  • Anda memiliki perubahan mata terkait usia yang menyebabkan Anda memiliki penglihatan yang kurang jelas (presbiopia).
  • Anda secara aktif berpartisipasi dalam olahraga kontak. Jika Anda secara teratur menerima pukulan ke wajah dan mata, seperti selama seni bela diri atau tinju, operasi lasik mungkin bukan pilihan yang baik untuk Anda.