Rheumatoid Arthritis Pada Mata

Rheumatoid Arthritis Pada Mata – Rheumatoid arthritis (RA) adalah penyakit yang meradang jaringan di tubuh Anda. Gejala yang paling umum adalah nyeri dan bengkak pada persendian Anda. Tetapi RA juga dapat menyebabkan sejumlah masalah lain, termasuk dengan mata Anda.

Di persendian Anda, RA menyerang tulang rawan yang menutupi ujung tulang Anda. Jaringan itu sebagian besar terbuat dari kolagen. Itu hal yang sama yang membentuk sebagian besar mata Anda, termasuk bagian putih bola mata Anda (juga dikenal sebagai sklera) dan lensa bening yang menutupinya (kornea).

Masalah Mata Dari RA

Mata kering. Ini jauh lebih mungkin jika Anda memiliki RA. Di antara mereka dengan RA, mata kering lebih sering terjadi pada wanita. idnpoker

Mata Anda mungkin terasa seperti ada pasir atau pasir di dalamnya, dan mungkin berair lebih banyak dari biasanya. Ini sering menjadi lebih buruk setelah Anda tidur, membaca, atau menonton layar seperti komputer, ponsel cerdas, atau TV. Kelembapan yang rendah, AC, dan angin dapat memperburuk gejala Anda.

Tanpa pengobatan, mata kering dapat menyebabkan nyeri dan bengkak serta dapat menyebabkan infeksi. Mata kering juga dapat menyebabkan jaringan parut pada kornea Anda, yang mungkin disebut keratitis oleh dokter Anda.

Dalam beberapa kasus, mata kering adalah tanda penyakit autoimun lain yang disebut sindrom Sjogren yang dapat menyebabkan mulut kering. Sindrom Sjogren lebih sering terjadi pada orang dengan RA.

Skleritis. RA dapat mengobarkan dan menipiskan lapisan luar putih mata Anda. Itu bisa serius karena lapisan yang lebih tipis bisa pecah jika Anda cedera. Skleritis lebih sering terjadi pada orang berusia antara 40 dan 70. Anda mungkin memperhatikan:

– Mata merah yang tidak kunjung hilang

– Rasa sakit

– Pembengkakan

– Sensitivitas cahaya

– Iritasi atau gatal

– Masalah penglihatan sesekali

Uveitis. Di sini, RA mengobarkan uvea. Itulah lapisan jaringan antara bagian belakang mata Anda (retina) dan sklera. Selain sakit mata dan sensitivitas cahaya, penglihatan kabur kemungkinan besar terjadi dengan uveitis. Dokter Anda mungkin menyebutnya “iritis” ketika peradangan dan iritasi hanya mempengaruhi iris Anda, bagian mata Anda yang berwarna.

Diagnosis Masalah Mata yang Terkait dengan RA

Dokter Anda akan menanyakan pertanyaan tentang riwayat dan gejala kesehatan Anda. Mereka juga akan memperhatikan mata Anda. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin mengambil sedikit sampel cairan, nanah, atau bahan lain dari mata Anda.

Anda mungkin memerlukan dokter mata khusus yang disebut dokter mata untuk mengetahui masalah mata Anda. Seorang dokter radang sendi yang disebut rheumatologist mungkin membantu menilai RA Anda. Bersama-sama, kedua dokter ini dapat menentukan perawatan mana yang terbaik untuk Anda.

Pengobatan Masalah Mata yang Terkait dengan RA

Pertama, ahli reumatologi Anda akan menangani RA, yang juga akan membantu masalah mata Anda. Ini mungkin dimulai dengan obat yang dijual bebas seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), tetapi bisa juga termasuk obat lain, seperti steroid. Mereka mungkin juga mengirim Anda ke dokter mata Anda.

Jika itu terjadi, tergantung pada jenis masalah mata yang Anda alami, Anda mungkin mendapat obat tetes mata atau salep dengan steroid untuk meredakan peradangan. Jika apa yang terjadi dengan mata Anda lebih parah, dokter mata Anda mungkin memberi Anda steroid oral, dan jika perlu, obat-obatan yang menurunkan sistem kekebalan Anda, seperti obat-obatan biologis. Anda akan mendapatkan ini jika masalah mata Anda berasal dari sistem kekebalan yang terlalu aktif, hal yang sama yang menyebabkan RA.

Untuk mata kering, salep untuk melembabkan dan melindungi mata atau tetes (air mata buatan) bisa membantu.

Hal Lain yang Perlu Diketahui

Obat steroid dapat memperburuk masalah mata lainnya seperti katarak dan glaukoma. Mereka juga dapat membuat hal-hal ini lebih mungkin untuk Anda jika Anda belum memilikinya. Itulah mengapa penting untuk memberi tahu dokter Anda tentang semua kondisi kesehatan Anda serta semua obat yang Anda minum.

Perawatan RA yang sering digunakan yang disebut hydroxychloroquine (Plaquenil) telah diketahui menyebabkan kerusakan retina pada beberapa orang. (Dokter Anda mungkin menyebutnya toksisitas retina.)

Bicarakan dengan dokter Anda tentang perawatan mana yang terbaik untuk RA Anda dan untuk mata Anda.